Resesi Amerika Krisis Indonesia

01.09 Diposting oleh RAMKUR


ketidak pastian perekonomian Amerika telah memberikan imbas tidak hanya kepada negara-negara berkembang seperti Indonesia, akan tetapi juga dirasakan oleh negara maju seperti Uni Eropa. apa relevansi resesi ekonomi USA dengan perekonomian indonesia?.



ada beberapa alasan menurut apa yang penulis cermati, diantaranya :

  1. Amerika merupakan negara tujuan ekspor utama komoditi indonesia, dengan melemahnya daya beli industri amerika tentu saja akan menurunkan volume impor amerika dari indonesia.

  2. Investor asing yang ada di Indonesia sebagian besar dari Amerika, dengan kesulitan keuangan di negara mereka bukan tidak mungkin mereka akan menarik dana yang mereka investasikan di indonesia

  3. Pada saat ini kebanyakan investor masih wait and see, melihat pertumbuhan ekonomi global yang cenderung melambat, sehingga pertumbuhan ekonomi dan sektor ril di dalam negripun menjadi stagnan.

Salah satu indikator terpuruknya perekonomian USA adalah dengan bangkrutnya Bank Investasi Lehman Brother, celakanya lehman brother memiliki portofolio di indonesia diantarannya saham sebesar 11 % pada PT Davomas Abadi tbk (detik.com), kemungkinan besar saat ini lehman B, telah menarik investasinya teresebut.

Pertanyaan kita saat ini akankah resesi ekonomi USA ini akan membawa negara kita kepada krisis ekonomi?, jawabanya sangat mungkin, apabila pemerintah salah dalam membuat kebijakan moneter, dan tidak mengantisipasi sedini mungkin.

Tulisan ini merupakan pengamatan sederhana penulis terhadap perekonomian global saat ini,dan merupakan opini penulis semata sebagai sumbangan terhadap blog almamater stembi semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWt, amin.




Post By : Iwan Saputra

0 komentar: