Skripsi Episode Terakhir Mahasiswa

01.02 Diposting oleh RAMKUR


Hi Bro..... gimana dah dapet blom teori penghubungnya?, tanya helmi saat melihat temanya boim yang sibuk membolak balik buku di perpustakaan.Hi...boro boro teori penghubung, Judulnya aja aku masih bingung, jawab Boim sambil terus membuka tiap lembar buku yang cukup tebal.

Bagi kita atau siapapun juga yang beruntung pernah merasakan kuliah atau sedang menyelesaikan Skripsi, mungkin situasi di atas tidaklah asing dan pasti akan langsung menebak kalau mereka adalah mahasiswa yang sedang menyelesaikan Skripsi.Setiap mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar kesarjanaanya tentu saja harus melewati episode Membuat Skripsi yang merupakan Episode Terakhir bagi mereka di kampus.

Masalah utama yang sering menyebabkan mahasiswa terlambat atau telat dalam menyelesaikan Skripsinya adalah lebih dikarenakan Management waktu yang kurang baik (biar keren sebut saja managemen waktu yang buruk padahal maksudnya itu malas untuk memulai...heheh maklum pengalaman pribadi).Oleh karena itu Dalam membuat skripsi, Hindari menunda nunda, Mulailah segera, tentukan judul dan langsung cari bahan bahan yang diperlukan, jangan takut salah serta jangan patah semangat dan langsung berhenti saat Pembimbing menolak atau merepisi Skripsi kita.

Berhenti disaat kita sedang membuat Skripsi akan membuat kita semakin malas untuk menyelesaikanya.Teruslah berjuang dan berpikirlah Positif.


Satu saran dari saya adalah "jangan terlalu Idealis" Bukan berarti saya mengajarkan tidak baik, namun apabila dalam memilih suatu judul atau bahasan, ternyata sulit untuk mencari bahan,maka lebih baik tinggalkan dari awal. Selain itu apabila ada suatu hal yang mengganjal dan sulit untuk diselesaikan sesuai realitas, maka cobalah sedikit "berkreasi" jangan terpaku pada standar dan aturan yang baku, memang dalam membuat Skripsi itu ada aturanya, namun apabila aturan itu bisa kita "sempurnakan" kenapa tidak??, bukankah aturan itu juga Manusia yang buat??.....Heheheh.... cari pembenaran.

Kondisi yang sering terjadi adalah dalam perhitungan hasil pebelitian, adakalanya hasil yang kita dapat tidak reliabel atau tidak valid dan itu mengharuskan kita untuk melakukan Krosceck ulang memang Idealnya adalah melakukan pengulangan, namun.....bagaimana kalao setelah beberapa kali pengulangan ternyata masih tidak reliabel atau valid??, kapan selesainya Skripsi kita? terlebih kalau sudah ditentukan deadlanie nya.Bisa gawat kan.......biasa kalo udah terpaksa cari alasan hehehe.

Oleh sebab itu sebelum melakukan penelitian, analisa dengan benar setiap pertanyaan yang akan diberikan,apabila mengalami kesulitan sebenarnya sah sah saja apabila rekan rekan meniru pertanyaan yang sudah ada pada skripsi sebelumnya selama itu relevan dengan bahasan yang rekan rekan ambil..(sah kata siapaaaaa lageeee?)

Yang terpenting adalah kita memahami Isi dan tujuan dari Skripsi kita dan kita dapat mempertanggungjawabkannya disaat sidang.Karena mudah untuk membuat Skripsi yang bagus dan sesuai ketentuan, tinggal menyewa "konsultan" skripsi apapun bisa dibuat, tapi apalah artinya semua itu kalau kita tidak bisa memahaminya dan mempertanggungjawabkanya di hadapan para penguji saat sidang berlangsung??...So.... Bagi rekan rekan yang sedang berjuang tetaplah semangat dan jangan menyerah dan bagi yang mengambil bahasan Motivasi saya tuliskan beberapa Teori motivasi beserta sumbernya Di Sini

semoga bermanfaat, Sebagai catatan tips diatas boleh digunakan hanya disaaat terdesak saja (senjata pamungkas) jangan belum apa apa sudah digunakan, kalo begitu sih kebangetan.hehehe


Post By :Ramkur

0 komentar: