Berikan Aku Pemuda Niscaya akan Kuubah Dunia

00.58 Diposting oleh RAMKUR

Pemuda merupakan penentu masa depan sebuah bangsa,tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perubahan dan setiap episode sejarah bangsa inipun pemuda menjadi elemen sangat besar kontribusinya,sejarah mencatat bahwa proses kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran pemuda,

Perlawanan 'Arek arek' Surabaya terhadap sekutu dan terakhir gelombang reformasi menentang rezim, baik ORLA (1966) dan ORBA (1998), dimotori oleh pemuda. bagaimana peristiwa 10 novemmber, bandung lautan api atau peristiwa Sumpah pemuda yang mempersatukan bangsa telah menjadi mesin penggerak yang ampuh melawan penjajahan juga dimotori Pemuda.

Pemuda telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap perubahan yang ada di negri ini,proses kemerdekaan,pergantian orde lama, orde baru bahkan orde reformasi tidak lepas dari peran pemuda."Beri aku para Pemuda, maka akan kuubah dunia"Begitu lah retorika Bung Karno, sang proklamator, ketika memompa semangat dan heroisme pelajar, mahasiswa dan kaum muda Indonesia untuk membangun bangsa ini pada era kemerdekaan.

Pemuda merupakan masa dimana secara pisik ia berada pada kondisi yang sangat Prima, kuat ,segar dengan semangat yang menyala nyala,sehingga dapat berjuang secara optimal, setidaknya ada dua peranan pemuda dalam suatu bangsa

  1. Sebagai generasi Penerus
  2. Sebagai Pembaharu/Reformer

Sebagai generasi Penerus,Kehidupan merupakan siklus yang fana dimana manusia tidak hidup selamanya,hingga pada suatu titik memerlukan generasi baru sebagai penerus generasi lama. Sebagai Reformer,pemuda berperan dalam berbagai perubahan dan proses pengembangan ke arah yang lebih baik lagi dari masa masa sebelumnya.

Tentu saja tidak semua pemuda bisa melakukan peran tersebut, hanya pemuda yang terpilihlah yang mampu melakukanya, hanya pemuda yang memiliki semangat tinggi, keinginan serta usaha yang keraslah yang mampu menjadi pemuda yang terpilih,oleh karenanya peningkatan kemampuan, wawasan serta ilmu merupakan keharusan bagi para pemuda agar bisa menjadi generasi unggulan. Rosulullah pernah bersabda “Perjuangan Aku didukung oleh pemuda,oleh sebab itu wasiat yang baik untuk mereka.”.dari sabda tersebut terlihat jelas betapa pentingnya peranan para pemuda.Sudah sepantasnya kita sebagai pemuda untuk terus berjuang dan kualitas meningkatkan diri agar tumbuh semakin kuat dan hebat, Ingatlah sabda Rosulullah yang mengatakan"Seorang mukmin yang kuat, lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah, walaupun keduanya sama-sama baik (karena keimanannya)." (H.R. Muslim). Peningkatan Kualitas diri menjadi harga mati bagi para pemuda agar dapat membawa negri ini ke arah yang lebih baik lagi.

Maka bangkitlah wahai Pemuda, singsingkan lengan baju kalian dan tingkatkanlah potensi kalian dan jadilah Pemuda Pilihan, tidak ada yang menghalangi kalian bersenang senang, namun jangan biarkan kesenangan itu menenggelamkanmu dari tugas muliamu, Buatlah sejarah seperti pendahulu kita yang namanya tetap harum meski mereka telah tiada, yang menjadi panutan meski kita tidak pernah berjumpa.

Kita bisa bangkit dan bersama membuat sejarah namun kita juga bisa diam dan hanya menjadi sejarah.pilihan ada di tangan kita wahai pemuda Make a History or Become a History
Post By : Ramkur

Sumber :Ramkur Blog

0 komentar: