Obrolan Kang Bayan

00.56 Diposting oleh RAMKUR


MENEBUS DENGAN YANG LEBIH BAIK

Burhan : Kang, saya kemaren memberanikan diri mengkhitbah seorang akhwat namanya Rahma anak semester tujuh akuntansi, adik tingkat saya, tapi sayang khitbahan saya ditolak kang. Alasan dia katanya cara saya nggak ma’ruf.

Bayan : Emang kamu ngekhitbahnya kayak gimana sih Han, kok sampe dibilang nggak ma’ruf.

Burhan : Ya saya mah langsung tu de poin aja kang. Langsung bilang ama Rahma kalo saya bermaksud hendak menikahi dia dan minta jawaban dalam tempo tiga hari mengenai diterima apa enggaknya.>

Bayan : Emangnya dalam pemahaman kamu kalo kamu dah ngomong pengen nikahin dia, itu emang dah khitbah?bukannya khitbah itu kalo kamu dah resmi ngelamar dia dihadapan orang tuanya?

Burhan: Iya, emang seeh kebanyakan orang menganggap khitbah itu ya seperti yang akang bilang tadi itu, tetapi setelah saya membaca tentang buku-buku pernikahan ternyata khitbah itu terjadi saat kita ngomong ama akhwat tentang maksud kita pengen nikahin dia walaupun belum ada acara resminya berupa kunjungan dari keluarga ikhwan ke keluarga akhwat untuk meresmikan khitbahan.

Bayan : Oke deh Han kalo emang gitu pemahaman kamu tentang khitbah, sebenanya itu juga sih yang akang pahami, Cuma akang pengen ngetes kamu aja. Ya syukurlah kalo kamu banyak baca buku tentang pernikahan emang sudah waktunya kok, kamu kan dah semester delapan lagi nyusun skripsi lagi. dah beres itu kamu kan tinggal wisuda dan kerja, setelah itu ngapain lagi kalo ga nikah. Bersegera menikah itu emang baik “azziwaaju nishfuddiini” , pernikahan itu setengah dari urusan agama, begitu sabda nabi, jadi jangan anggap sepele biar kita hidup senantiasa dalam keberkahan gimana nggak berkah kalo sudah meraih setengah agama kan tinggal nyempurnain yang setengahnya lagi. Cuma Han, apa Rahma nggak kaget waktu kamu khitbah dia secara tiba-tiba.

Burhan: Kayaknya sih gitu kang soalnya keliatan banget dari mimik wajahnya saat saya ngomongin maksud saya ke dia, Cuma Rahma kan sering ikut halaqoh pengajian dengan anak-anak Formais dan rajin baca buku agama. Jadinya walo pun kaget tapi saya pikir dia ngerti dan bisa memahami maksud saya.

Bayan : Terus kalo emang dia paham apa dong yang jadi alasan dia nolak kamu, Han?

Burhan: Ya justru itu kang, alasannya itu yang nggak jelas, dia malah nanya balik alasan saya ngekhtibah dia itu apa? terus kesiapan saya untuk menikah dah sampai mana? Ya saya bilang kalo saya suka dengan kesungguhan dia menjaga aurat, jilbab dia itu sungguh indah kayak bidadari deh kalo lagi pake jilbab, terus kesungguhan dia ikut halaqoh pengajian, terus saya juga jujur kalo dia itu emang smart dan cantik. Terus mengenai kesiapan menikah saya bilang walo pun masih skripsi tapi saya punya usaha kecil-kecilan yaitu rental computer yang alhamdulilah walo pun penghasilannya nggak terlalu besar tetapi cukup untuk hidup sederhana sambil saya nunggu lulus dan dapet kerjaan yang mapan.

Bayan: Terus respon Rahma?

Burhan: Ya itu tadi kang nolak dengan alasan nggak jelas, waktu ditanya cuma bilang pokoknya nggak siap terus ngeloyor pergi begitu aja itu yang bikin saya ngenes kang.

Bayan: Aah, Han itu mah biasa, emang hak kita sebagai ikhwan untuk mengungkapkan maksud kita menikahi mereka dan sebaliknya hak akhwat untuk menerima atau menolak khitbahan kita. Terus yang nggak ma’ruf apanya?

Burhan: Karena kata dia kalo yang ma’ruf itu cara ngekhitbahnya mesti via ustadzahnya atau minimal temen deketnya, nggak boleh langsung.

Bayan: Oh gituu ya Han, gini Han sebenarnya niat kamu itu udah ma’ruf baik menurut kamu atau pun akang. Karena kamu kan nggak bermaksud bermaskiyat ngajak pacaran atau yang semisal itu, tetapi maksud kamu itu jelas yaitu menikah dan kamu menyampaikan tanpa memaksa itu sih menurut akang dah cara yang ma’ruf. Karena waktu jaman rosul ada seorang akhwat yang langsung menyatakan pengen dinikahi sama rosul tanpa titip khitbahan via sahabat, tetapi rosul kan nggak marah sama akhwat tersebut hanya rosul kan nggak dapat ijin dari Alloh untuk menikahi akhwat tersebut lalu beliau menolak dengan cara yang sangat halus sekali selanjutnya beliau membantu akhwat yang bersangkutan mencarikan jodoh dan dinikahkanlah akhwat tersebut dengan salah seorang sahabatnya. Jadi cara kamu yang langsung itu emang ma’ruf, tidak terlarang kok. Tetapi kan orang lain bisa aja pemahamannya berbeda. Misalnya menurut Rahma dia berpendapat khitbahan ikhwan itu nggak boleh langsung ke akhwatnya. Rahma itu pengen menjaga iffah biar amiyah maka dia ngeharapin si ikhwan yang ngekhitbah dia itu via ustadzahnya dulu biar tsiqoh jadi meneliti calonnya nggak pake lama Karena info tentang calon dah disaring dulu ama ustadzahnya. Kalo langsung kayak kamu dia jadi ragu kamu beneran mengkhitbah atau maen-maen lagian dia akan kebingungan meneliti siapa kamu sebenarnya apalagi waktu yang dia punya untuk menjawab cuma tiga hari.

Burhan: Maksud saya cuma memberi waktu tiga hari itu, karena kalo seandainya khitbahan ditolak dia, saya kan bisa cepet-cepat nyari yang lain yang lebih siap dinikahi jadi sekalipun ditolak nggak pake lama nunggunya?

Bayan: Maksud kamu gimana Han?

Burhan: Ya, misalnya kalo ngekhitbah Rahma via ustadzahnya kan bisa aja mesti bikin proposal Khitbahan dulu dah gitu bisa aja yang pengen ama Rahma itu banyak misalnya ada sepuluh orang terus ustadzahnya sibuk, jadi nganterin proposal ke Rahma telat terus dah gitu proposal saya disimpan paling bawah, dah gitu ditolak lagi, kan lama kang prosesnya. Jadi saya bisa terlambat bergerak mencari calon pendamping hidup yang lain yang justru bisa jadi lebih mungkin menerima khitbahan saya.

Bayan: Ya kalo gitu pemahaman kamu akang bisa ngerti. Cuma ya kamu jangan putus silaturahmi ama Rahma, terima aja penolakan itu dengan lapang dada barangkali sebenarnya Rahma pengen konsen kuliah, halaqoh, dan pengen berkarir dulu sebelum menikah atau seperti yang kamu bilang Han, mungkin saja Rahma itu pasarannya tinggi banyak ikhwan yang suka ama dia jadi mungkin dia lebih memilih yang lain namun nggak berani jujur bilang ama kamu karena mungkin dia pengen ngejaga perasaan kamu siapa tahu yang dia pilih itu seorang ikhwan temen dekat kamu, nah kalo gitu kejadiannya dan kamu tahu, kamu kan bisa cemburu dan bisa aja ngerusak hubungan silaturahmi. Pokoknya Han kita jangan su’udhon, ikhlas saja dengan penolkan malah sebaiknya kita harus mampu membalas dengan yang lebih baik biar urusan kita senantiasa dikarunia keberkahan oleh Alloh.

Burhan: Emang membalas yang lebih baik itu apa dasarnya kang dan apa untungnya dan gimana pula caranya. Namanya ditolak apalagi dengan cara yang kayak gitu kan ngeselin kang?

Bayan: Coba deh baca surat Fushshilat surat ke 41 ayat 34-36. “walaa tastawil hasanatu walassayyiah idfa’ billatii hiya ahsanu faidzalladzii bainaka wa bainahu ’adaawatun ka’annahuu waliyyun hamiim. Wa maa yulaqqooha illalladziina shobaruu wa maa yulaqqooha illaa dzu hadhin ‘adhim. Wa immaa yanzagonnaka minasyaithooni nazgun fastaidzbillaahi innahuu huwassamii’ul ‘aliim”.Di ayat-ayat itu dijelasin bahwa jika kita mendapat perlakuan yang menurut kita kurang adil, kurang baik, maka sebaiknya kita membalas dengan yang lebih baik agar silaturahmi tidak putus, dengan begitu kita akan tergolong sebagai orang yang sabar dan pemilik karunia yang besar. Han, bukankah tidak ada balasan yang lebih baik bagi orang yang sabar selain ridho Alloh dan surgaNya?. Kalo kamu kesel itu tandanya godaan dari setan kamu berlindung aja kepada Alloh banyak istighfar dan perbanyak ibadah nawafil insya alloh kamu senantiasa berada dalam keberkahan.

Burhan: Alhamdulillaah, Jazakalloh Khoiir kang bayan, tidak salah saya curhat ama kang bayan akhirnya saya dapat ilmu yang haq. Mudah-mudahan saya digolongkan alloh dalam kelompok orang-orang yang sabar dan mampu membalas perlakuan Rahma dengan lebih baik lagi. Insya Alloh kang silturahmi saya dengan Rahma dan calon suaminya, siapa pun dia akan senantiasa terjaga dengan baik. Saya berharap mudah-mudhan kelak saya diberi Alloh jodoh yang lebih baik yakni lebih cantik dan lebih sholih.

Bayan: Amiin. Syukurlah Han kalo gitu. Semoga kita semua senantiasa mengembalikan permasalahan itu kepada Al-qur’an dan sunnah agar tidak memperturutkan hawa nafsu. Agar hidup kita senantiasa diridloi Alloh.

Burhan: Ngomog-ngomong akang sudah punya calon?

Bayan: Insya Alloh, Han, namanya kamu juga pasti kenal, Salamah, temen deketnya Rahma.

Burhan: Subhanallooh, atuh itu mah lebih sholeh dan cantik dibandingkan Rahma. Syukurlah kalo gitu kang. Kapan rencana nikah?

Bayan: Insya Alloh, Han. bulan depan ahad ke dua. Datang ya?

Burhan: Insya Alloh kang, saya datang.




Keterangan:

Iffah = Kesucian diri

Amiyah = Terjaga

Tsiqoh = Terpercaya

Khitbah = Lamaran

Ikhwan = Laki-laki

Akhwat = Perempuan

Formais = Forum Mahasiswa Islam Stembi

Nawafil = Ibadah Sunah



Post By : Kang Ali

0 komentar: